Maafkan Saya, Pak/ Buk...

Posted by Kang Hermanto on Selasa, 25 Juni 2013

Kita jadi bisa menulis dan membaca karena siapa

Kita jadi tau beraneka bidang ilmu dari siapa
Kita jadi pintar dididik pak guru
Kita bisa pandai dibimbing bu guru
Gurulah bak pelita penerang dalam gulita
Jasamu tiada tara...
Jujur, telinga saya akrab sekali dengan lirik lagu ini. Dulu ketika satu-satunya stasiun TV yang tayang adalah TVRI, lagu ini nongol tiap malam. Makanya saya hafal betul lirik dan irama bernyanyinya.

Tempo hari, Sabtu 22 Juni 2013, lagu ini tiba-tiba riuh rendah di hadapan. Ini kali pertama setelah puluhan tahun lalu. Lagu ini dibawakan paduan suara TBIT/ TKIT Bintangku di acara perpisahan mereka di Bukit Flora Pasuruan. Nah, salah satu personelnya adalah anak sulungku, Zahra.

Lagu ini betul-betul surprise. Saya tahunya anak-anak itu akan membawakan lagu "Terima Kasih Guruku" yang dipopulerkan AFI Junior. Maklum, hampir tiap hari Zahra menyanyikannya di rumah. Tapi ternyata masih ada lagu kedua. Ya, lagu "Guru Bak Pelita" ini (eh, judulnya benar nggak ya?).

Ketika lagu ini dibawakan, lamunan saya lantas ke masa silam. Terbayang saat-saat sekolah di waktu kecil dan remaja dulu. Satu persatu wajah guru-guru saya, sejak TK hingga SMA seolah hadir bergantian. Tanpa sadar, memori masa lalu menyembul. Tiba-tiba saja ingat jika dulu saya ini dikenal sebagai anak bandel. Sering berulah.

Wajah salah satu guru saya, Ust. H. Anshori seolah paling lama hadir. Maklum, di masa kecil saya sering membuat beliau marah saat mengaji di mushalla. Kaca musholla beberapa kali pecah, membuat teman menangis, bertengkar, menantang berkelahi, sering usil mengganggu anak-anak yang sedang main dan banyak lagi.

Yang jelas, gaya saya yang sok jagoan kala itu pernah berbuah diusirnya saya dari musholla. Dan saya lantas menangis. Ha3...

Hhhh... Saya jadi merasa banyak salah kepada para guru di masa lalu. Padahal banyak ilmu yang sudah saya dapatkan dari mereka. Banyak hal yang sebelumnya tak tahu, akhirnya jadi tahu. Maafkan saya ya, pak/ buk... [*]

Previous
« Prev Post

Related Posts

02.39

0 komentar:

Posting Komentar