Takut Salah, Bagaimana?

Posted by Kang Hermanto on Rabu, 14 Desember 2016

Takut salah itu wajar. Hal tersebut manusiawi. Namun ketika rasa takut itu lantas mendegradasi diri, ini yang jadi masalah. Andaikata gara-gara takut salah malah membuat kita menjadi pribadi yang terpuruk, ini yang nggak bener.

Dalam melakukan apapun, kita tentu menimang baik buruknya, serta manfaat mudharatnya. Termasuk soal mengelola rasa takut tersebut. Kita tentu tidak bijak kepada diri ketika menanganinya dengan salah, yakni rasa takut yang merugikan.

Hendak menghadap pimpinan... takut, mengacungkan jari untuk bertanya... takut, menerima tantangan baru di tempat kerja... takut, diminta tampil ke depan oleh guru... takut. Jika sikap tersebut yang dipelihara, bersiaplah memanen hasilnya.

Lihat saja, kelak kita akan jadi pribadi penakut. Jauh panggang dari api akan tampil jadi pribadi yang maju. Banyak orang yang semula memberi kepercayaan, perlahan meninggalkan kita. Jika sudah demikian, jangan harap ada perbaikan atas hidup yang sedang dijalani.

Jika sudah begini, semua berpulang kepada diri kita sendiri. Ingat, “Satu-satunya hal yang harus kita takutkan adalah rasa takut itu sendiri.” – Franklin Delano Roosevelt. [*]

Previous
« Prev Post

Related Posts

18.20

2 komentar: