20 Jam Kuasai Keprotokolan

Posted by Kang Hermanto on Senin, 04 Mei 2020

Kemampuan Bandung Bondowoso membangun 999 candi dalam semalam untuk memenuhi permintaan Roro Jonggrang, hanya ada di cerita legenda di balik Candi Prambanan. Di dunia nyata terlebih sekarang, sulit menjumpai kemampuan tersebut. Demikian pula dalam hal kemampuan teknis di bidang keprotokolan, ia tak terjadi dalam semalam.

Setiap petugas protokol harus terus berproses untuk mengasah kemampuan dan intuisinya. Semakin banyak jam terbang, maka semakin banyak pula referensi yang dimiliki untuk menjadi bekal dalam menyelesaikan permasalahan di lapangan.

Menilik penelitian Profesor K. Anders Ericsson dari Universitas Florida, disimpulkan bahwa untuk dapat menguasai suatu keahlian baru dibutuhkan sekitar 10.000 jam. Teknik ini terkenal sebagai “aturan 10.000 jam”. Jadi jika kita ingin mempelajari sesuatu, menguasai hal tersebut, dan menjadi ahli sehingga dapat menjadi orang top di bidang yang kita kuasai, dibutuhkan waktu selama 10.000 jam.

Aturan 10.000 jam didasarkan atas penelitian pada orang-orang yang ahli dan top di bidangnya, antara lain atlet profesional, musisi tingkat dunia, master catur. Dan ahli-ahli top dunia lainnya. Ditemukan fakta bahwa dengan semakin keras berlatih, dengan semakin lama berlatih, maka semakin baik kemampuan orang tersebut dalam bidang yang hendak dikuasai.

Persoalannya, apakah kita mempunyai waktu sebanyak itu? Tenang, jangan berkecil hati. Ada temuan menarik John Kaufman penulis buku bestseller internasional no 1 berjudul "The First 20 Hours; mastering the Toughest Part of Learning Anything". Menurutnya, dibutuhkan 20 jam saja untuk menguasai hal baru. Menguasai yang dimaksud adalah dapat melakukan sesuatu dengan baik. Ya, butuh 20 jam saja, yakni dengan fokus, berlatih dengan sungguh-sungguh untuk menerapkan apa yang dipelajari.

Hitungan 20 jam adalah 45 menit sehari selama 1 bulan. 20 jam tidaklah susah untuk dilakukan. Namun, 20 jam tersebut tidaklah dilakukan secara sembarangan. Terdapat 4 langkah cerdas untuk menguasai sesuatu selama 20 jam, di antaranya: (1) Memecah keahlian yang hendak dikuasai menjadi keahlian-keahlian yang lebih kecil, (2) Belajar dengan mengevaluasi diri sendiri, (3) Buang penghalang untuk berlatih, dan (4) Jangan baper (bawa perasaan) ketika berproses menguasai suatu hal yang baru.



Nah, ada jalan bukan?! Lantas, hal apa saja yang harus kita pelajari dalam 20 jam agar dapat menguasai teknis keprotokolan? Kita ulas lebih khusus di tulisan lainnya ya... [*]

Previous
« Prev Post

Related Posts

13.07

0 komentar:

Posting Komentar