Keprotokolan Bukan Ilmu Pasti

Posted by Kang Hermanto on Minggu, 03 Mei 2020

Keprotokolan bukan merupakan suatu disiplin ilmu pengetahuan yang pasti, melainkan gabungan antara art dan science. Implementasi protokol merupakan formulasi dari berbagai macam disiplin ilmu serta peraturan-peraturan keprotokolan yang menaungi yang harmonis. Sehingga protokol tidak bersifat hitam di atas putih, melainkan pelangi yang penuh warna-warni. Inilah uniknya protokol.

Mencermati hal tersebut, maka perlu kita sadari bahwa seyogyanya seorang petugas protokol harus bertindak luwes dan fleksibel. Tindakan ini bukan berarti tanpa prinsip yang jelas, melainkan sebuah sikap untuk selalu menghadirkan win win sollution saat menghadapi permasalahan di lapangan. Sebab tugas utama protokol adalah menjaga hubungan baik antarpihak.

Mengedepankan peraturan formal saja tentu akan berpotensi mendapatkan hambatan dalam tugas. Maka tradisi, kebiasaan dan kebijakan pimpinan juga perlu mendapatkan perhatian secara proporsional. Inilah uniknya pelaksanaan tugas keprotokolan. Dinamika terjadi begitu cepat dan menuntut tindakan sigap, tepat dan tidak meninggalkan kegaduhan yang berujung pada keretakan hubungan.

Lantas, secara teknis bagaimana caranya? Nanti di lain kesempatan kita bahas lebih detail ya. :-) [*]

Previous
« Prev Post

Related Posts

19.25

0 komentar:

Posting Komentar